nirunnirun

Wow, Buah Busuk Bisa Jadi Energi Listrik

Wow, Buah Busuk Bisa Jadi Energi Listrik

Wow, Buah Busuk Bisa Jadi Energi Listrik
Orang Indonesia memang pintar dan kreatif, terbukti dengan adanya penemuan listrik dari buah busuk. Ini merupakan hasil karya dari 3 lembaga yang ada kota Yogjakarta yaitu Universitas Gadjah Mada, Pemerintah Daerah Sleman dan Koperasi Pasar Gemah Ripah.
Bahan baku limbah buah busuk diperoleh dari Pasar Gemah Ripah. Tahu ngga berapa banyak limbahyang dihasilkan setiap harinya dari Pasar ini?. Sekitar 10 ton!! Makanya kalau cuma dibuang saja kan sayang, jadinya dimanfaatkan.
Wow, Buah Busuk Bisa Jadi Energi Listrik

Limbah buah busuk ini harus melewati proses penggilingan terlebih dahulu, tujuannya untuk mendapatkan sari buah atau jus buah busuknya. Baru deh masuk ke dalam mesin digester atau mesin pengurai.
Wow, Buah Busuk Bisa Jadi Energi ListrikMesin pengurai inilah yang akan mengubah jus buah busuk menjadi biogas. Bagaimana caranya? Proses yang terjadi adalah anaerob atau tanpa oksigen. Bakteri anerob yang ada dalam jus buah busuk akan membantu fermentasi jus buah busuk dan menghasilkan gas metana.
Gas metana inilah yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Gas metana menjadi bahan bakar untuk menghidupkan generator listrik. Hasilnya listrik dari buah busuk ini dapat menerangi lampu penerang jalan di Pasar Gemah Ripah.
Tak hanya menerangi jalan di pasar, beberapa pedagang di pasar bisa mengunakan gas metana untuk menghidupkan kompor gas yang di pakai untuk berjualan.
Kegiatan ini sudah berlangsung dari sejak tahun 2011. Pasar Gemah Ripah menjadi satu-satunya pasar yang bisa mandiri energi, bisa menghasilkan listrik sendiri dari bahan yang sudah ada di pasar yaitu buah busuk.
Keren bangetkan  Ayooo teman-teman kita harus rajin belajar supaya pintar dan kreatif.
Posted by Unknown, Published at 06.03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >