nirunnirun

Mengenal Buah Nektarin

Mengenal Buah Nektarin

Tahu dengan buah nektarin? Buah khas Australia ini pas lagi panen lhoo pada musim November dan awal Desember lalu. Salah satu perkebunannya di Yarra Valley, sekitar 2 jam-an dari kota Melbourne Australia. Pemilik perkebunannya bernama Mr Len, dia dengan baik hati mengajak ikut panen buah nektarin dan melihat proses pembuatan selai.
Mengenal Buah Nektarin
Buah nektarin ini masuk pada keluarga Prunus dan masih satu kerabat dengan buah persik, bedanya buah nektarin tidak berbulu seperti buah persik. Bila buahnya matang warnanya akan merah ranum seperti apel.
Secara keseluruhan buah nektarin di bedakan 3 jenis, yang pertama nektarin tanpa biji, jenis ini adalah buah yang enak dimakan tanpa terganggu dengan adanya biji. Jenis kedua, nektarin dengan biji yang melekat, dimana bijinya melekat kuat pada daging buahnya, Nah jenis ini yang paling oke untuk dijadikan buah kaleng dan masakan, serta yang ketiga, jenisnya ada di antara keduanya, bisa dikatakan buah nektarin yang berbiji tapi bijinya tidak melekat kuat ke daging buah.
Mengenal Buah Nektarin

Mr Len, memiliki 300-an lebih tanaman di lahan 20 hektar, buah yang aslinya berasal dari daratan China ini bisa di panen setelah berumur satu tahun. Dengan alat yang telah berusia 30 tahun, Mr Len mulai memanen nektarin-nya. Oh…ya buah manis ini terkenal dengan kandungan vitamin A dan B yang banyak lho, dan bagus sekali sebagai obat anti kanker.
Setelah panen, Mr Len akan menambah nilai buahnya dengan mengolahnya menjadi selai, prosesnya dengan memanaskan buah nektarin kedalam oven dengan suhu 100 derajat selama 30 menit, setelah itu buah di peras sambil dipisahkan bijinya.
Mengenal Buah Nektarin
Bila tahapan ini selesai dan mendapatkan sarinya, selanjutnya sari buah di masak selama 45 menit dengan suhu 100-110 derajat selsius, dengan memasukkan beberapa tambahan buah lain.
Bila sudah matang, sari buah yang menjadi selai dimasukkan kedalam botol setelah botol dipastikan bersih dari kuman. Biasanya untuk 20 kilogram buah, Mr Len bisa menghasilkan selai sebanyak 100 botol yang siap jual. Mantap khan.
Posted by jasika lear, Published at 20.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >