nirunnirun

Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan Bergizi

Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan Bergizi

Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan BergiziBerkunjung ke Semarang, Jawa Tengah nih! Tepatnya ke pabrik kecap tradisional yang terkenal dari kota Semarang. Yap… kita akan membahas si kecap hitam yang super enak bergizi.
Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan Bergizi

Langsung aja kita masuk ke pabriknya, dan buat kecap nyaaa… Ow.. ternyata harus disortir dulu nih semua kedelai nya. Kita pilih mana yang bagus yaaa… Kedelai ini sehat loh, karena merupakan sumber protein nabati yang mengandung banyak protein, kalsium, fosfor dan zat besi.
Kedelai yang sudah bersih, kita rendam selama 10 - 12 jam. Lama ya… tapi harus, supaya lunak, dan kedelai mudah dimasak… Barulah setelah itu kedelai kita masak di dalam panci. Eitss kedelai dimasak masih dalam karung yaaa, kita kukus selama empat jam.
Lanjut… dinginkan kedelai, dan kita beri campuran ragi serta tepung tapioka. Ini dia yang namanya proses fermentasi, atau biasa dikenal juga dengan nama penanaman bibit kapang. Kedelai dalam karung selanjutnya kita inkubasi atau simpan dalam ruangan fermentasi selama tiga hari… lama sih, tapi demi kualitas dan rasa yang enak, kita memang harus sabar ya.
Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan Bergizi


Pada tahap fermentasi atau pembusukan ini, enzim yang dihasilkan kapang memecah protein kedelai menjadi asam amino. Sehingga lebih mudah dicerna tubuh kita dan setelah tiga hari, jamur akan mulai terlihat.
Lanjut, kita lakukan fermentasi garam di dalam drum-drum besar… Prosesnya hampir mirip dengan pembuatan tauco. Dalam drum ini kedelai diperam selama enam bulan lebih, semakin lama proses fermentasi garam, akan semakin enak rasa sari kedelainya.
Waktunya kedelai dipisah… gampang, tinggal kita press alias tekan kedelai dalam karung yang sudah difermentasikan. Terus aja tekan pakai alat press yang diputar putar… sampai habis air sari kedelai nya… Nah sari kedelai ini nih, bahan utama pembuatan kecap.
Mampir Yuk Ke Pabrik Kecap Hitam Yang Enak dan Bergizi
Langsung deh sari kedelai kita masak dengan gula kelapa, dan bumbu rempah seperti salam, lengkuas dan secang. Setelah masak sempurna, saring lagi dengan mesin sampai empat kali penyaringan. Si kecap sehat pun bebas dari ampas. Tinggal kita kemas dalam botol yang sudah disterilkan alias dibersihkan dari kuman dan bakteri.
Dannn, kecap yang sudah diisi ke dalam botol tinggal kita beri label. Siap untuk dipasarkan. Kecap tradisional miliknya kota semarang ini, bisa dijadikan oleh oleh, kalau berkunjung ke kota semarang. Seru dan Unik kan cara pembuatannya.
Posted by jasika lear, Published at 05.37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >