nirunnirun

Mengenal Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya

Mengenal Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya

Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya
tahu dengan beras hitam?, inilah salah satu jenis makanan pokok yang memiliki gizi level tinggi dibandingkan dengan beras berwarna bening yang sering kita lihat sehari-hari. Beras hitam berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, rendah gula dan memperbaiki kerusakan hati, gangguan fungsi ginjal dan masih banyak kehebatan lainnya.
Mengenal Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya

Oya kenapa berasnya berwarna hitam? Ternyata pengaruh lapisan bekatul dan bagian bulir beras yang mengandung pigmen antosianin yang berwarna ungu pekat itulah yang membuat beras terlihat gelap, zat antosianin ini berfungsi sebagai antioksidan.
Sebenarnya tanaman ini berasal dari daratan Cina, di Tiongkok beras hitam disebut dengan beras terlarang karena hanya kaum kerajaan saja yang boleh menikmati makanan ini, sehingga masyarakat tak boleh ikut menanamnya sehingga budidaya beras hitam sangat terbatas. Setelah era kerajaan runtuh, beras hitam mulai berkembang dan masuk barang yang di perdagangkan sampai ke nusantara.
Salah satu daerah di Indonesia yang mengembangkan beras hitam ini adalah kecamatan Muntilan, Provinsi Yogyakarta. Kandungan hara tanah yang baik dan udara yang sejuk membuat tanaman ini tumbuh baik, biasanya petani melakukan panen ketika tanaman telah berusia lima bulan.
Mengenal Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya
Pengilesan menjadi sebutan untuk melepaskan buliran gabah dan tangkainya, walau dilakukan secara tradisional tapi memiliki keuntungan mengurangi resiko gabah patah lebih sedikit di bandingkan dengan mesin perontok padi. Setelah dirontokan, proses berikutnya sama dengan beras putih yaitu di jemur dan kemudian di kemas.
Dengan masa tanam yang lama dan kandungan gizi yang bagus, tak heran beras hitam termasuk beras yang mahal di Indonesia, harganya bisa mencapai tiga puluh ribu rupiah per kilonya..woow!
Nah, selain jadi makanan pokok, beras hitam juga di pakai untuk membuat kue atau biskuit. Untuk membuat kue, campurkan gula pasir, gula aren dan telur terlebih dahulu lalu kocok sampai mengembang, seiring itu siapkan campuran beras hitam yang telah berbentuk tepung dengan terigu lalu gabungkan keduanya untuk di kocok sampai kalis. Lalu tuangkan ke dalam Loyang dan bakar sampai matang.
Mengenal Hebatnya Beras Hitam dan Olahannya

Posted by jasika lear, Published at 04.21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >