nirunnirun

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Pelindung Kulit

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Pelindung Kulit

Jangan sepelekan kulit jeruk. Karena ditangan guru dan murid murid SMA Kristen Setia Budi di Kota Malang Jawa Timur bisa diolah menjadi sabun dan masker lhoo.
Manfaat Kulit Jeruk Untuk Pelindung KulitIde pembuatan sabun dan masker dari kulit jeruk berawal dari seorang guru kimia bernama Ibu Ari . Ibu Ari yang sedang mengikuti pelatihan guru kimia dan biologi se Kota Malang, diharuskan membuat karya kreatif. Ibu Ari melihat banyak tumpukan limbah kulit jeruk saat melewati Pasar Minggu di kota Malang. Muncullah ide untuk memanfaatkan limbah kulit jeruk tersebut menjadi sabun dan masker.
Dengan bantuan murid-muridnya, Ibu Ari membuat sabun dan masker kulit jeruk. Berkat karyanya ini, Ibu Ari menerima penghargaan juara 2 guru kreatif se Kota Malng. Wihh  Hebattt.
Kulit jeruk yang digunakan bisa jeruk peres atau jeruk kupas. Bersihkan kulit jeruk lalu jemur sampai kering. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bentuk tepung kulit jeruk.
Tepung kulit jeruk inilah bahan dasar membuat sabun dan masker. Untuk sabun, proses yang terjadi adalah reaksi penyabunan. Campur minyak dengan larutan NaOH atau soda api dan tepung kulit jeruk serta parfum. Aduk bahan lalu cetak dalam cetakan sederhana seperti paralon. Baru kemas sabun dalam plastik.
Untuk masker, Ibu Ari menambahkan oatmeal atau serat gandum dan susu bubuk.
Manfaat sabun dan masker kulit jeruk ini topp banget lhoo. Bisa mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C pada kulit jeruk. Kandungan serat kulit jeruk juga bisa menyerap kelebihan minyak pada wajah lhoo.
Dengan karyanya ini, ternyata Ibu Ari bisa memacu semangat murid-muridnya menjadi kreatif dan menyenangi pelajaran IPA lhoo. Wahh salut buat Ibu Ari dehh.
Posted by Unknown, Published at 22.54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >