nirunnirun

Manisan Pala Khas Aceh

Manisan Pala Khas Aceh

Manisan Pala Khas Aceh
Manisan Pala Khas AcehCerita tentang rempah-rempah di Indonesia, memang ngga ada habis-habisnya, salah satunya adalah manisan pala. Nah selain Maluku yang terkenal sebagai penghasil komiditi ini, ada lagi daerah Tapak Tuan, Aceh Selatan. Bayangkan hampir 50 persen perkebunan di daerah ini di isi dengan tanaman yang terkenal sejak berabad silam.


Banyak loh manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah Pala ini, diantaranya dapat mengatasi rasa mual, sakit maag, dan mengatasi penyakit pencernaan, karena buah pala mengandung minyak atsiri yang mampu mencerna bahan kimia beracun di dalam tubuh.
Manisan Pala Khas AcehTak heran dengan kehebatan buah ini, banyak masyarakat Tapak Tuan Aceh, memanfaatkannya menjadi makanan dan cemilan, salah satunya keluarga Ibu Suryati.




Sekarang kita ulas cara membuatnya yuk, Buah pala yang akan di jadikan manisan adalah buah pala yang sudah matang dengan cirri daging buah besar dan empuk. Belah buah pala dan pisahkan dari bijinya, lalu kupas kulitnya serta potong daging buah dengan pola memanjang.
Buah Pala mengandung getah, untuk menghilangkan getahnya rendam buah pala selama tiga hari dan cuci hingga bersih untuk siap diolah menjadi manisan. Untuk menghilangkan pahitnya, Pala di rebus di air mendidih dalam waktu singkat dan di angkat setelah daging buah menjadi lunak.
Manisan Pala Khas AcehSetelah itu, rebusan buah pala di press untuk menghilangkan sisa air rebusannya, agar manisan yang di hasilkan nanti tidak mudah asam dan cepat rusak. Rendam dengan gula putih serta di tambah dengan pewarna makanan supaya terlihat sedap di pandang, aduk hingga rata serta diamkan selama dua hari. Hingga proses terakhir menjemur di terik matahari supaya gula menjadi kering dan terlihat mengkristal.
Posted by jasika lear, Published at 22.45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >