nirunnirun

Membuat Kerupuk Dan Dodol Wortel

Membuat Kerupuk Dan Dodol Wortel

Membuat Kerupuk Dan Dodol Wortel
Pernah tahu tentang kerupuk wortel? kalau belum,  Di desa sentosa - Bandung, ada sekelompok warga yang mengolah wortel menjadi berbagai macam olahan makanan unik yang nikmat, jadi bukan hanya menjadi lauk sayuran saja. Bu Budhi, sang pemilik ide, membuat kerupuk dan dodol wortel menjadi olahan utama di desa Sentosa.
Membuat Kerupuk Dan Dodol Wortel
Membuat kerupuk wortel berwarna-warni ini sebenarnya gampang kok. Mau tahu bocoran resepnya?..
Pertama, cuci wortel dan kupas kulitnya hingga bersih. Oh ya, pakai wortel yang sudah tua ya, karena kandungan airnya lebih sedikit, dan warna oranye-nya lebih matang. Lanjut dengan parut wortel hingga halus. Dan campur parutan wortel dengan bahan-bahan pembuat kerupuk lain seperti daun bawang, garam dan tepung tapioka. Agar rasanya lebih enak. Buktikan aja sendiri,warna oranye-nya cukup kuat kok,jadi ngga perlu lagi memberi pewarna makanan. Lebih sehat kan…
Selanjutnya, siapkan plastik yang aman untuk makanan yang sudah dilumuri minyak sayur. Masukkan adonan kerupuk ke dalam plastik, padatkan, dan giling pelan-pelan agar adonan pipih merata. Kukus selama 5 menit yaa. Lalu jemur dibawah sinar matahari.
Kalau sudah setengah kering, tinggal kita potong - potong deh. Dan jemur kembali sekitar 2 jam, hingga kerupuk benar-benar kering. Kerupuk kering langsung bisa digoreng, serta disantap bersama-sama.
Rasanya enak, gurih karena tambahan beberapa bumbu rempah. Belum lagi, kandungan vitamin A pada kerupuk wortel, sangat berguna bagi mata kita. Bisa menambah pandangan jarak jauh kita. Dan serat yang terkandung di dalamnya, bisa memperlancar pencernaan loo. Soo, ga usah bingung lagi kalo ga suka makan wortel ya.
Ups lupa, ada satu olahan yang ngga kalah enaknya nih, Dodol Wortel.
Membuat dodol wortel hampir sama seperti membuat dodol pada umumnya. Bahan nya juga sama, seperti campuran tepung ketan, gula, santan dan garam. Eits tambahkan wortel parut yaa. Namanya juga dodol wortel hehehe. Masak adonan selama tiga jam, jadi deh dodol wortel yang enak. Resep ini bisa dipraktekin di rumah selama liburan. Selamat mencoba…
Posted by Unknown, Published at 22.57

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >