nirunnirun

Clup…Clup, Lateks Berubah Jadi Balon

Clup…Clup, Lateks Berubah Jadi Balon

Semua orang pasti tahu dengan Balon, apalagi saat ada perayaan ulang tahun anak atau 17 Agustus-an, sampai-sampai ada lirik lagunya sendiri lho.
Clup…Clup, Lateks Berubah Jadi BalonBalonku ada lima, rupa-rupa warnanya…hijau kuning kelabu merah muda dan biru.
Cara membuat balon langsung ke pabriknya, jadi tidak hanya senang membelinya hehehe. Pabrik balon itu ada di daerah Jembatan dua, Jakarta. Berdiri sejak tahun 1957 sehingga usaha ini sudah berusia 56 tahun.
PROSES PRODUKSI BALON
Balon yang di produksi berjenis balon tiup, bahan bakunya terbuat dari lateks yang berasal dari getah tanaman karet yang berwarna putih susu. Untuk membuatnya menjadi ribuan balon, lateks harus di olah sedemkian rupa.
Awalnya lateks di berikan bahan kimia supaya bahan balon ini menjadi elastis, selain itu ada juga bahan pengawet supaya balon nanti tidak mudah pecah, dan bila balon ingin di buat berwarna warni jangan lupa di berikan bahan pewarna.
Untuk membuat balon, butuh cetakan yang dibentuk sesuai dengan balon yang diinginkan. Ada cetakan bentuk kuncung, panda, dan juga yang panjang seperti pentil. Jadi balon tidak cuma berbentuk bulat lonjong saja lhoo.Cetakannya pun ada yang terbuat dari plastik dan kawat anti karat.
Clup…Clup, Lateks Berubah Jadi Balon
Cara membuat balon yaitu pertama celupkan cetakan ke dalam cairan pembeku agar lateks tidak menempel pada cetakan. Selanjutnya celupkan cetakan ke lateks berwarna. Semakin lama pencelupan semakin tebal balonnya.
Baru kemudian siap untuk dimasukkan ke dalam oven. Pemanasan lateks bertujuan agar balon menjadi matang, untuk sampai pada tahap matang ini butuh 3 kali pemanasan.
Setelah pemanasan pertama, keluarkan balon setengah matang, lalu gulung ujung balon menjadi bentuk cincin, cincin ini berfungsi untuk tempat meniup balon. Setelah itu masukkan lagi ke dalam oven sekitar menit kemudian di keluarkan lagi untuk di berikan bedak. Tahap ini bertujuan agar balon tidak lengket.
Clup…Clup, Lateks Berubah Jadi Balon
Lepaskan balon dari cetakan lalu sortir atau pilih balon, jangan sampai balon pecah ikut ke tahap selanjutnya. Balon yang terpilih lalu dikembali dan masuk lagi ke dalam oven. Inilah tahap pemanasan terakhir sampai balon benar-benar matang. Tinggal cek deh balonnya dengan alat tiup. Harus benar-benar dipastikan jangan sampai balon pecah ikut terjual.
Jadi tambah lagi kan pengetahuannya. Hijau kuning kelabu merah muda dan biru. DORRRRRRRRR.
Posted by jasika lear, Published at 17.17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >