nirunnirun

Mangga Garifta Mangga Unggulan Indonesia

Mangga Garifta Mangga Unggulan Indonesia

Mangga Garifta: Mangga Unggulan Indonesia
Mangga Garifta Mangga Unggulan IndonesiaApa jenis buah mangga yang paling manis?, Pasti jawabannya akan berbeda-beda hahaha. Ada yang jawab mangga Harum Manis, Mangga Manalagi, Mangga Gedong, dan masih banyak lagi. Kalau diminta memilih jenis mangga, paling suka mangga Gedong Gincu khas Indramayu. Walaupun harga per kilo-nya lebih mahal, tapi mengenai rasa paling juara. Sayangnya, daging Gedong Gincu itu terlalu sedikit.
Naah. Sekarang tidak perlu khawatir, karena hasil penelitian Balitbang Kementerian Pertanian selama 10 tahun telah menyilangkan jenis-jenis mangga lokal terbaik dan menghasilkan salah satu varietas baru mangga unggulan. Namanya mangga Garifta.
Mangga Garifta Mangga Unggulan Indonesia
Mangga Garifta nantinya saat tumbuh akan memiliki beberapa jenis lagi loh, seperti Garifta merah, kuning, dan orange. Dilihat secara kasat mata saja sudah bikin memakannya, apalagi saat dimakan. pasti buat ngiler siapapun deh.
Berbeda halnya dengan mangga jenis lain, tinggi pohon manga Garifta ini hanya 2-3 meter loh, jadi lebih mudah untuk dipetik saat panen nanti. Untuk sementara Mangga jenis baru ini hanya bisa ditanam di desa Cukurgondang, Pasuruan Jawa Timur saja, karena berkaitan dengan jenis tanah dan cuaca serta kelembaban.
Mangga Garifta Mangga Unggulan Indonesia
Menurut hasil riset selama 10 tahun ini, Garifta tiap tahunnya mampu menghasilkan sekitar 135 buah per pohon, sehingga mangga jenis ini cocok dikebunkan secara komersial. Bobot buahnya sendiri berkisar antara 200-300gram dengan rasa manis segar. Bentuknya yang agak bulat dan warna kulit perpaduan antara merah, hijau, orange menjadikan buah mangga ini mangga tercantik yang pernah dihasilkan. Hmmm, sungguh pemadangan yang menarik dan layak untuk dikoleksi. Siapa mau? Tunggu musim panen mangga tahun depan ya.
Mangga Garifta Mangga Unggulan IndonesiaO ya  bila ingin mengembangkan tanaman mangga sendiri, pengin kasih tahu nih, jika sekarang sudah ada teknik baru yang mampu menghasilkan mangga terbaik, namanya Top Working.
Kalau memiliki pohon mangga dewasa yang tidak produktif bisa memotong bagian tengahnya. Biarkan sampai tumbuh pohon baru, lalu sambungkan batang pohon baru, dengan batang pohon yang menghasillkan manga terbaik. Tunggu beberapa bulan sampai tersambung. Tinggal tunggu deh 2-3 tahun untuk berbuah. Dijamin, hasil mangga-nya akan lebih baik dari pohon sebelumnya.
Posted by jasika lear, Published at 17.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >