nirunnirun

Musim Salju dan Iditarod di Alaska

Musim Salju dan Iditarod di Alaska

Tahu kan dimana letak Alaska? Bagian kutub utara di dunia, dinginnya minta ampun loh, bisa mencapai suhu minus lima belas derajat celsius… brrrr.
Musim Salju dan Iditarod di Alaska

Nah… Pada musim dingin perlombaan seru, bernama iditarod diselenggarakan di Alaska, biasanya di bulan maret. Balapan anjing husky ini berlangsung setahun sekali, diikuti oleh peserta seluruh dunia. Perlombaan ini merupakan bagian dari festival musim dingin, atau dikenal dengan nama De fur rendezvous.
Sejak empat puluh satu tahun yang lalu, iditarod selalu memakai dua belas ekor anjing husky, yang diikat pada kereta manusia. Dan dikendalikan oleh musher atau penunggang kereta, selama pertandingan. Begitu terkenal nya ajang balapan ini, hingga pesertanya mencapai lebih dari enampuluh orang musher, setiap tahun.
Musim Salju dan Iditarod di AlaskaSekarang kita bahas anjing Hunsky nya yaa… Anjing Hunsky atau Siberian Husky ini merupakan jenis anjing ras yang berukuran besar dan berbulu tebal. Meski terlihat garang, anjing ras ini tidak ganas. Anjing yang berasal dari rusia ini bahkan terlalu baik dan manja terhadap manusia.
Sekilas memang mirip yaa sama serigala. Kemungkinan karena persilangan alam. Owya… Bukan hanya tampangnya saja yang mirip serigala, tapi… Anjing husky juga bisa melolong layaknya serigala.
Eitts, ternyata, anjing husky ini cukup berjasa loh bagi warga Alaska.Karena pernah membawa serum penyelamat manusia di tahun seribu sembilan ratus dua puluh lima.Ketika itu warga kota Nome, Alaska, terserang demam diptheria. Dan serum yang dibawa anjing husky, berhasil menyelamatkan mereka. Kekuatan Anjing Hunsky bertahan hidup di Salju memang luar biasa..
Makanya olahraga iditarod sangat terkenal di dunia sama terkenalnya dengan anjing husky, yang berlombaaa…
Posted by Unknown, Published at 20.26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >