nirunnirun

Coklat_Kemiri_Dari_Bali

Coklat_Kemiri_Dari_Bali

Hampir semua orang suka dengan coklat, Tapi sudah pernah belum merasakan coklat kemiri?,  Naah..bila ke Bali berwisata jangan lupa mencari yang namanya coklat kemiri, karena dari daerah indah inilah salah satu sumber produksi dari coklat inovatif ini.
Coklat_Kemiri_Dari_Bali
Awalnya kemiri dari seluruh Bali di kumpulkan untuk dipilih mana yang bagus dan tidak, proses sortir ini dilakukan dengan melihat apakah cangkang kulit kemiri masih segar atau sudah ada yang terkelupas. Setelah itu kemiri di bawa ke bak besar untuk di rendam, cara ini untuk menyeleksi lebih detail lagi mana yang terbaik, bila ada kemiri yang mengapung maka kemirinya harus di pinggirkan, sedangkan kemiri yang tenggelam menjadi kemiri pilihan.
Kemiri yang tenggelam harus di rendam selama sehari semalam supaya isi kemiri bisa menyatu dan tak akan buyar bila di kupas nantinya. Bila proses ini selesai kemiri siap untuk di rebus supaya gampang untuk memecahkannya.
Naahh, bagaimana cara mengupas kemirinya? Siapkan martil dan pencungkil lalu ambil satu kemiri, miringkan jangan di tegakkan saat di pukul, lalu ayunkan martil, dijaminkan isi kemiri tak akan berhamburan.
Coklat_Kemiri_Dari_Bali
Kemiri pun perlu di jemur di terik matahari, bila sudah kering si kreator coklat kemiri bernama pak Ketut Wijaya akan mulai bekerja. Awalnya kemiri di potong kecil-kecil kemudian cetakan mulai di siapkan, coklat yang sudah di masak di tuangkan ke cetakan berikut kemiri nya, Untuk proses pencampurannya memakai mesin seperti molen yang bergerak 360 derajat.

Bila coklat terbentuk dan siap maka kemudian coklat kemiri mulai dikemas dan dikirim ke pasar dan kafe di Bali serta daerah lain. Dengan menikmati makanan ini, sipelahapnya berarti memakan gizi yang baik seperti protein, lemak, dan karbohidrat, selain itu kemiri juga memiliki anti septik yang bagus untuk tubuh.
Posted by Unknown, Published at 20.50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © NIRUNNIRUN >